Para atlet berlaga di Pesta Olahraga Persemakmuran 2022 di Birmingham

Para atlet yang berlaga di Pesta Olahraga Persemakmuran 2022 di Birmingham, Inggris, akan diizinkan berlutut untuk mendukung gerakan ‘Lives Matter’ (BLM), menurut ketua pelaksana Olimpiade David Grevemberg.

Para atlet berlaga di Pesta Olahraga Persemakmuran 2022 di Birmingham

Orang Amerika itu membantah bahwa organisasinya sedang “membuka Kotak Pandora” dan menambahkan bahwa ‘Permainan persahabatan’ memiliki sejarah yang memungkinkan kebebasan berekspresi.

Legenda Australia, Cathy Freeman, mengenakan bendera Aborigin Australia setelah memenangkan emas 400 dan 200 meter di Olimpiade 1994.

Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach mengatakan awal pekan ini atlet harus mengeksplorasi cara mereka dapat mengekspresikan diri “dengan cara yang bermartabat” di Olimpiade Tokyo yang dijadwalkan ulang tahun depan.

Protes meletus di seluruh dunia sejak pembunuhan Afrika-Amerika George Floyd pada 25 Mei ketika seorang petugas polisi, yang telah didakwa dengan pembunuhan tingkat dua, berlutut di lehernya selama beberapa menit.

“Orang bilang kita membuka kotak Pandora tapi tidak, kita menghormati hak orang untuk menyuarakan pendapat,” kata Grevemberg.

“BLM menantang semua institusi saat ini untuk benar-benar melihat secara introspeksi yang dapat kita lakukan untuk menjadi lebih adil, lebih bebas, memiliki kesetaraan yang lebih baik dan sistem keadilan yang lebih baik yang menjaga orang. Olahraga tidak berbeda.”

“Kami memiliki banyak pertanyaan seperti ‘mengapa Anda mempolitisasi olahraga?’ kata Grevemberg, yang telah bertugas sejak 2014

“Sebenarnya, kami memanusiakan slot online pembicaraan, memberi orang kesempatan untuk kebebasan berekspresi dan berserikat.

“Konvergensi hak asasi manusia dan olahraga telah menjadi pertanyaan besar selama beberapa waktu dan kami tidak menanggapi tren.

“Kami sebenarnya melanjutkan percakapan yang kami mulai beberapa waktu lalu.”

Pertandingan akan berlangsung mulai 28 Juli hingga 8 Agustus 2022.